Daily updates all about Indonesian lifestyle

Cara Menghilangkan Jerawat Dan Bekas Jerawat

Cara Menghilangkan Jerawat Dan Bekas Jerawat

Cara Menghilangkan Jerawat - Jerawat merupakan penyakit kulit yang diakibatkan oleh kelenjar minyak yang berlebihan sehingga menyumbat saluran follicle rambut dan pori-pori kulit yang mengkibatkan peradangan yang kita sebut sebagai komedo. Jika tidak segera diatasi maka komedo ini akan berubah menjadi jerawat atau acne yang membandel.

Penyebab jerawat sampai saat ini belum diketahui secara pasti. Namun secara umum ada beberapa faktor yang menyebabkan seseorang berjerawat yaitu, faktor genetik atau keturunan, depresi, stres berat, kelenjar minyak yang hiperaktif,  aktifitas hormon yang berlebihan, dan bakteri yang mengendap di pori-pori.

Cara menghilangkan jerawat harus telaten, tidak boleh sembarangan karena kulit merupakan daerah sensitif. Banyak cara dilakukan untuk menghilangkan jerawat justru merusak kulit Anda. Sebaiknya kenali kulit Anda terlebih dahulu sebelum mengambil tindakan untuk menghilangkan jerawat. 


Jenis kulit dibagi menjadi tiga yaitu, kulit kering, kulit normal dan kulit berminyak. Kulit kering memiliki ciri-cirinya bersisik, agak kasar, tidak lentur atau kendur, produksi lemak tidak bayak. Kulit normal memiliki ciri-ciri lembut, lembab,  pori-pori tampak namun tidak terlihat besar sehingga tampak alami. Kulit berminyak memiliki ciri-ciri mengkilap, memiliki banyak kelenjar minyak yang aktif, pori-pori terlihat besar seperti kulit jeruk dan pada kulit berminyak inilah yang berpotensi sering terkena jerawat.

Lalu bagaimana cara menghilangkan jerawat dan bekas jerawat berupa flek hitam yang menyertai sesudahnya? berikut ini cara yang bisa anda gunakan untuk menghilangkannya yang saya kutip dari okezone.

  • Rajin membersihkan wajah, mencuci wajah dapat menghilangkan kotoran dan bakteri yang menempel pada kulit wajah sekaligus mengangkat sel-sel kulit yang telah mati. Gunakan sabun pH-balanced atau memakai sabun sulfur, jangan memakai sabun biasa atau sabun bayi. 
  • Gunakan scrub seminggu dua kali. Juga oleskan acne lotions atau acne cream pada daerah yang timbul jerawat.
  • Jangan memencet jerawat dengan tangan, karena jika tercampur dengan bakteri akan menimbulkan infeksi.
  • Untuk menghilangkan flek hitam sesudah jerawat Anda bisa melakukan facial, cara ini merupakan cara efektif untuk mencegah jerawat timbul lagi. Facial memiliki keunggulan dari pada cara-cara tradisional dalam menghilangkan jerawat. Lakukan secara rutin seminggu sekali.
Konsep kesehatan kulit harus memperhatikan tiga faktor yaitu, kulit manusia, lingkungan alam dan kosmetiknya sendiri. Untuk perawatan wajah yang maksimal, Anda bisa menggunakan masker wajah. Semoga cara menghilangkan jerawat di atas bisa bermanfaat.







share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Admin, Published at 7:45 AM and have