Daily updates all about Indonesian lifestyle

Larangan Makanan Ibu Hamil

Larangan Makanan Ibu Hamil

Larangan makanan ibu hamil - Pada saat hamil, tidak semua makanan boleh dikonsumsi. Karena semua makanan dan minuman yang dikonsumsi dapat berpengaruh terhadap kandungan dan janin. Sebaiknya hindari makanan dan minuman yang dapat membahayakan kesehatan kandungan Anda. Ibu yang sedang hamil  sangat membutuhkan nutrisi yang bagus. Namun tidak semua makanan mengandung gizi yang dibutuhkan. Berikut ini beberapa larangan makanan ibu hamil sehingga dapat mencegah gangguan pada kehamilan.


  • Kafein. Kafein dapat melintasi plasenta sehingga meningkatkan pernafasan dan detak jantung janin. Kafein juga dapat mengurangi penyerapan zat besi pada ibu yang sedang hamil. Karena ibu yang sedang hamil rentan terkena anemia.
  • Alkohol, pada orang normal saja alkohol dilarang apalagi pada ibu yang sedang hamil. Ibu yang sedang hamil dilarang meminum alkohol setetes pun karena dapat meningkatkan resiko bayi lahir prematur dan keguguran.
  • Makanan mentah atau setengah matang, sebaiknya mengkonsumsi daging atau sayuran yang sudah masak, karena didalam makanan mentah banyak mengandung bakteri yang dapat membahayakan kehamilan. Seperti bakteri Listeria yang mengakibatkan keguguran atau bayi meninggal didalam kandungan, bakteri Salmonella yang memicu keguguran dan parasit Toksoplasma yang mengakibatkan perkembangan janin abnormal.
  • Keju lunak atau susu mentah, karena terdapat bakteri berbahaya seperti Listeria yang dapat mengakibatkan keguguran.
  • Makanan laut, dikhawatirkan ikan atau makanan laut lainnya mengandung merkuri yang sangat berbahaya bagi kandungan. Sebaiknya hindari atau tidak terlalu sering mengkonsumsinya
Sebaiknya lebih selektif dalam memilih makanan ibu hamil. Karena jika salah memilih makanan, maka dapat mengakibatkan resiko yang fatal. Ada baiknya segera konsultasikan dengan dokter kandungan Anda tentang larangan makanan ibu hamil, agar hal-hal yang tidak diinginkan dapat dihindari sejak dini.





share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Admin, Published at 6:42 AM and have