Daily updates all about Indonesian lifestyle

Rumah Anda dalam Keadaan Tidak Baik, Kenali Tanda-tandanya Sejak Awal

Rumah Anda dalam Keadaan Tidak Baik, Kenali Tanda-tandanya Sejak Awal

Kadang kita terlalu fokus mengurus kebutuhan interior rumah kita dan lupa mengecek kondisi rumah kita. Terutama bagi yang rumahnya sudah dibangun selama bertahun- tahun. Pastinya berbagai gangguan dan kerusakan tidak dapat kita hindari. Jika kita tidak sigap dalam mengatasinya, maka kerukasakan di rumah kita akan semakin parah. Kita harus dapat mengenali kerusakan di rumah kita sejak dini. Biasanya kerusakan itu terjadi secara bertahap. Nah, jika kita mengetahuinya dari awal kita bisa segera mengatasinya.



Beberapa bagian rumah yang rentan terkena kerusakan antara lain atap rumah yang bocor, saluran air yang tidak lancar, cat dinding yang mengelupas. Kelihatannya sih itu semua termasuk gangguan kecil, tapi sebenarnya jika terus kita biarkan, kerusakannya akan bertambah besar. Atap rumah yang bocor saat musim penghujan tiba tentu sangat mengganggu kenyamanan kita dan keluarga. Perlu Anda ketahui kalau atap rumah yang bcor bisa diakibatkan oleh beberapa hal. Misalnya genting rumah yang bergeser sehingga air huja dapat dengan bebas masuk ke dalamnya dan merembes ke langit- langit rumah kita. Atau kondisi genting rumah yang sudah tak baik lagi, misalnya retak atau pecah. Segera perbaiki dan ganti genting rumah Anda. Kalau perlu lapisi dengan cat pelapis anti bocor.

Saluran air hujan yang tidak lancar juga tak kalah mengganggu. Kadang talang air hujan yang kita pasang tidak berfungsi dengan baik. Akibatnya aliran air hujan jadi tersendat dan mengalami banjir atau merembes ke dinding rumah. coba periksa talang air tersebut, biasanya banyak daun- daun yang jatuh dan tersangkut di sana, sehingga menyumbat aliran air. Periksa dan bersihkan saluran talang air hujan, agar rumah Anda tetap aman saat hujan turun.

Gangguan yang terakhir adalah cat dinding yang mengelupas. Keadaan seperti ini tentu sangat mengganggu keindahan rumah Anda. Jangan biarkan cat dinding Anda terus mengelupas. Beberapa hal yang dapat menyebabkan hal tersebut adalah kualitas cat yang kurang baik sehingga mudah mengelupas, atau karena dinding tersebut bersifat lembab. Cara mengatasnya adalah membersihkannya dengan mengerok sampai bersih kemudian lapisi dengan cat lapisan dasar kemudian baru lapisi dengan cat yang kualitasnya bagus agar tidak mudah mengelupas kembali.




share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Admin, Published at 6:14 AM and have